Gladi Parsial Tingkat II Koarmatim Masuki Tahap Manlap

Gladi Parsial Tingkat II tahun 2013 yang digelar Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) memasuki tahap manuvra laut (Manlap) dengan melibatkan lima belas unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). Unsur-unsur yang terlibat latihan parsial tersebut berangkat dari dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Senin (04/03), menuju daerah latihan di perairan Laut Jawa.

Gladi Taktik Peperangan Laut tersebut rencananya akan berlangsung selama tiga hari mulai hari ini sampai dengan tanggal 6 Maret 2013 dengan melibatkan tiga belas kapal perang jajaran Koarmatim dan dua kapal perang dari Koarmabar. Unsur yang terlibat merupakan kapal perang jenis kombatan yang memiliki kemampuan khusus dalam operasi tempur laut,  yang dilengkapi dengan sensor dan persenjataan canggih serta modern.

Kapal perang tersebut di antaranya adalah kapal perang jenis Ship Integrated Geometrical Modulary Approach (Sigma), Korvet, Frigate, Kapal Cepat Rudal (KCR) dan Kapal Cepat Torpedo (KCT), kapal perang Buru Ranjau (BR) dan Penyapu Ranjau (PR) serta kapal perang patroli Fast Patrol Boat (FPB). Berbagai jenis Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) yang ada di kapal-kapal perang kombatan itu akan diuji kemampuannya dalam latihan ini.

Pada tahap manuver lapangan ini, unsur yang terlibat melaksanakan serial latihan sesuai doktrin taktis peperangan laut yang telah dipelajari sebelumnya pada tahap latihan posko di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaprang) Kolatarmatim. Puncak kegiatan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) tingkat II ini adalah kompetisi artileri penembakan meriam dan roket kapal perang pada siang dan malam hari.

Gladi peperangan laut ini sebagai persiapan unsur-unsur kapal perang TNI AL dalam menghadapi puncak Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2013. Latparsial tingkat II tersebut merupakan sarana untuk menguji kesiapan personel dan material sekaligus tolak ukur sejauh mana kemampuan personel dalam mengawaki dan mengoperasikan senjata di kapal perang.

Seluruh unsur-unsur laut itu berangkat dari dermaga Koarmatim menuju medan latihan dilepas oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum. Bertindak selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Latparsial tingkat II Kolonel Laut (P) Syufenri, M.Si yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmatim.
Sumber : Koarmatim


Recommended Posts :

4 comments:

ferry lazzuardo said...

terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) mobil kota

ferry lazzuardo said...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!mobil sport 2014

ferry lazzuardo said...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Mobil bekas Toyota

nanda said...

terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Shireen Sungkar

Post a Comment - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))