Tahun Ini, Rusia Kirim 12 Sukhoi Superjet 100 Ke Indonesia

JAKARTA-(MB) : Pemerintah Rusia mengonfirmasi pengiriman pesawat Sukhoi Superjet 100 ke sejumlah maskapai di Indonesia pada tahun ini. Belasan burung besi sejenis akan dikirimkan di tahun-tahun berikutnya.

"Pada 2013, sebanyak 12 pesawat akan dikirimkan ke Indonesia. Beberapa tahun lagi, ada sekitar 14 pesawat yang akan didatangkan dari Rusia," kata Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Y Galuzin, di Jakarta, Kamis 7 Februari 2013.

Galuzin mengatakan, kerja sama transportasi ini merupakan bentuk kontribusi Rusia pada sistem transportasi Indonesia. Selain itu, pengiriman Sukhoi ke Indonesia juga sebagai bentuk dukungan atas konsep konektivitas yang tengah digalakkan ASEAN.
"Konsep konektivitas ini adalah salah satu pilar dalam Komunitas ASEAN 2015," kata Galuzin.

Tahun lalu, pesawat Sukhoi Superjet 100 yang tengah melakukan demo flight jatuh dan menabrak tebing di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Sebanyak 45 orang tewas dalam tragedi 9 Mei 2012 itu. Hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyatakankecelakaan tersebut akibat human error alias kesalahan dari pilot.
"Kami menyatakan simpati dan duka cita yang mendalam atas tragedi ini," kata Galuzin.

Meski dibayangi sejarah kelam tersebut, sejumlah maskapai di Indonesia tetap nekat memesan sejumlah Sukhoi Superjet 100. Salah satu maskapai yang memesan itu adalah Sky Aviation. Tahun ini, maskapai itu akan menerima kiriman pesawat pesanannya. 
Sumber : Vivanews


Recommended Posts :

0 comments:

Post a Comment - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))