Filipina Ingin Akuisisi 12 Jet Tempur FA-50 Golden Eagle Korsel

MANILA-(IDB) : Filipina akan membeli 12 jet tempur FA-50 Golden Eagle Korea Selatan untuk memperkuat militernya. Demikian dikatakan juru bicara pemerintah, Rabu (30/1), di tengah-tengah peningkatan ketegangan laut dengan China. Pesawat FA-50 itu akan merupakan jet tempur pertama yang digunakan Angkatan Udara Filipina sejak pesawat tempur F-5 buatan Amerika Serikat tidak digunakan lagi.

Demikian dijelaskan Juru Bicara Presiden Benigno Aquino, Edwin Lacierda. "Kami tidak memiliki jet tempur sekarang yang dapat digunakan. Karena itu, kami perlu meningkatkan kemampuan udara. Ini bagian dari proses memodernisasi perangkat keras militer kami," kata dia kepada wartawan.

Lacierda mengatakan jet-jet itu akan digunakan untuk pelatihan, pencegatan, dan penanggulangan bencana, dan akan menggunakan kamera udara untuk menyurvei daerah-daerah. Ia menegaskan pembelian yang direncanakan itu tidak ditujukan terhadap satu negara kendatipun keteganganketegangan baru dengan China menyangkut saling klaim wilayah maritim di Laut China Selatan.
Sumber : KoranJakarta