TNI AL setarakan koprs wanitanya, akan ada taruni AAL

Jakarta (ANTARA News) - TNI Angkatan Laut berkomitmen menyetarakan atau memberikan kesempatan dan perlakuan sama kepada Korps Wanita TNI AL dalam mendarmabaktikan tugas dan tanggung jawab sebagai prajurit matra laut.

"Satu lagi perwira tinggi di jajaran Kowal, dan rencana penerimaan taruni di Akademi Angkatan Laut pada 2013, bentuk komitmen dan bukti pemimpin TNI AL," kata Kepala Staf TNI AL, Laksamana Madya TNI Marsetio, saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT Ke-50 Kowal, di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis.

"Nantinya sumber penerimaan Kowal tidak hanya dari bintara dan prajurit karir, melainkan akan ada taruni yang sama dengan kadet-kadet yang kita miliki, sehingga semakin setara gender," katanya seraya mengatakan untuk jumlah kuotanya sendiri saat ini masih digodok.

Untuk tahap awal, kata dia, perekrutan Kowal itu untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang bersifat administrasi. Namun, ke depan akan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada Kowal.

"Dalam penugasan, Kowal tidak kalah dengan yang lain. Hal ini terbukti, sudah ada dua perempuan perwira tinggi berpangkat laksamana pertama," kata Marsetio. Mereka juga melaksanakan tugas di kancah internasional, di antaranya dalam Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB.

Oleh karena itu, Marsetio berharap Kowal yang kodratnya sebagai ibu rumah tangga mampu mendukung dan membawa TNI AL pada visinya, yakni sebagai TNI AL yang handal dan disegani.

"Peran ganda ini sebaiknya harus dilaksanakan secara konsisten dan bijak serta berjalan secara simultan, proporsional, dengan memperhatikan keselarasan dan keseimbangan dalam kedinasan serta keluarga," katanya.

Sementara itu, salah satu anggota pati Kowal, Laksamana Pertama Christina M Rantetana, mengharapkan, dengan penerimaan taruni di AAL memberikan peluang yang besar bagi perempuan menjadi prajurit TNI AL.

"Ini akan membuat perempuan tertarik menjadi prajurit. Ini penting karena negara kita adalah negara kelautan, dimana 80 persennya terdiri dari laut. Kalangan muda, baik laki-laki maupun perempuan, seharusnya mencintai laut," katanya. (*)
 
Sumber : http://www.antaranews.com/berita/352409/tni-al-setarakan-koprs-wanitanya-akan-ada-taruni-aal


Recommended Posts :

0 comments:

Post a Comment - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))