175 prajurit TNI perkuat misi PBB di Kongo



Sebanyak 175 prajurit TNI siap memperkuat misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di wilayah Kongo, Afrika.

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda XX-J/MONUSCO (Mission de I'Organisation de Republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo) itu dilepas Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono, melalui upacara militer di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat.

Suhartono, mengatakan, tugas yang diemban prajurit sangat sarat dengan misi-misi kebangsaan, baik aspek politik, diplomasi maupun budaya yang bersentuhan langsung dengan komunitas internasional.

Hal itu, lanjut dia, mengandung makna bahwa prajurit mengemban tugas untuk menjaga kehormatan bangsa dan negara. Karena itu, prajurit harus dapat melaksanakan tugas dengan penuh semangat, dedikasi dan loyalitas, serta tetap memperhatikan faktor keamanan dan kewaspadaan terhadap setiap perkembangan situasi di wilayah penugasan.

Ia mengatakan, secara langsung TNI dituntut senantiasa menyiapkan diri dan meningkatkan kualitas sumber daya yang melingkupi aspek manajerial dan operasional, baik yang terkait profesionalitas prajurit di bidang keterampilan dan sikap keprajuritan, maupun kapasitas serta kapabilitas satuan dalam menyiapkan satuan tugas TNI.

"Hal ini dedikasikan dalam rangka mendukung peran internasional Indonesia di dalam memainkan peran kolaborasi hard power dan soft power pada misi perdamaian dunia," ujar Agus.

Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-J/MONUSCO terdiri dari 151 TNI AD, 19 orang TNI AL, dan lima orang TNI AU dipimpin Letkol Czi Irfan Siddiq selaku Komandan Satgas . Irfan Siddiq merupakan abituren Akademi Militer  1995 dan kesehariannya menjabat sebagai Komandan Batalyon Zipur 9/1 Kostrad.


Sumber : antaranews