HTMS Rattanakosin Bersandar di Tanjung Perak

HTMS Rattanakosin Bersandar di Tanjung Perak

Sejumlah anak buah kapal (ABK) kapal perang HTMS Rattanakosin-441 milik Thailand berada di geladak kapal yang sandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jatim, Rabu (22/8). HTMS Rattanakosin 441 yang merupakan Kapal Perang Class Corvette berisi 116 awak termasuk perwira dan bintara tersebut dalam rangka melanjutkan perjalanan ke Darwin, Australia untuk melakukan latihan bersama "Exercise Kakadu 2012"pada Kamis (23/8). (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat/ama/12)

22 Agustus 2012, Surabaya: Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V menyambut kedatangan Kapal Perang Thailand HTMS Rattanakosin 441, yang sandar di Dermaga Jamrud U tara Tanjung Perak Surabaya, Rabu (22/8).

HTMS Rattanakosin 441 adalah Kapal perang Thailand Class Corvette dibuat pada tahun 1986 di USA, Kapal tersebut memiliki panjang 76,8 Meter, lebar 9,6 meter, draft 4,5 meter, bobot 960 ton dan mast 20 meter. Dalam melaksanakan berlayar dan bertempur dilengkapi dengan persenjataan Main Gun: 1 x oto Merala 76/62 Naval Gun, AA Gun: 1 x 40/70 Bre3da twin AA Gun, Secondary Gun: 2x20 mm Rheimental Gun, SSM: 1 x AspideLauncher With 8 Aspide Missiles dan dilengkapi senjata Utama jenis Terpedo: 6 x Mk.46.

Kapal Perang Class Corvette ini di Komandani oleh Comander Bira Adulyasak dengan jumlah ABK 116 Orang Prrajurit, Perwira 28 orang, Bintara beserta Tamtama berjumlah 88 Orang.

Kedatangan Kapal Perang Thailand tersebut adalah dalam rangka melaksanakan bekal ulang setelah melaksanakan latihan dengan beberapa Negara di Asia.

Hadir dalam acara penyambutan Kapal Perang tersebut Atase Pertahanan Thailan d Kolonel Aphicat, Komandan Tim Intel (Dantim Intel) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Letkol Laut (P) M. Risahdi, Kepala Dinas Kesyahbandaran TNI AL (Kadissyahal) Lantamal V Letkol Laut Didik Dhuwijantoko, Komandan Satuan Keamanan Laut (Dansatkamla) Mayor Laut (P) Yanu Mawanda, Pabanren Sintel Lantamal V, Paban Ops Sops Lantamal V. Juga melibatkan satu unit Satsik Denma Lantamal V, Satu Peleton Pama Koarmatim, Satu Peleton Bintara / Tamtama Koarmatim, dan Satu Peleton Pasukan Merplog Satsiaga Denma Lantamal V.

Setibanya didermaga Gapura Surya Comander Bira Abdulyasak disambut secara resmi oleh Dantim Intel Lantamal V beserta staf yang sebelumnya diawali dengan Tarian Remo khas Jawa Timuran dari Sanggar Tari Manunggal Cipta Mandiri Pimpinan Sapto Sutedjo yang mengandung makna penyambutan bagi tamu-tamu kehormatan. dilanjutkan pengalungan bunga kepada Komandan Kaprang Thailand oleh perwakilan grup Tari Remo.

Sumber: Lantamal V Acara dilanjutkan deng an pemberian Cinderamata dari Komandan Kaprang Thailand kepada Dantim Intel Lantamal V Letkkol Laut (P) M. Risahdi di Long Room HTMS Rattanakosin, sebagai ucapan terima kasih dari Komandan Kaprang Thailand kepada Angkatan Laut Indonesia dalam hal ini Lantamal V yang diwakili oleh Dantim Intel atas penyambutannya.

Sumber: Lantamal V