Latihan Sikatan Daya 2012 Ditutup

Latihan Sikatan Daya 2012 Ditutup


16 Juli 2012, Malang: Setelah enam hari kegiatan Latihan Sikatan Daya 2012 dilaksanakan di jajaran Koopsau II dan Daerah Pandan Wangi Lumajang Jawa Timur yang dimulai tanggal 9 Juli sampai dengan 16 Juli 2012, pada hari ini Kamis (16/7) latihan tersebut ditutup oleh Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI Agus Supriyatna di ikuti para pejabat Lanud dan seluruh anggota Lanud Abd Saleh bertempat di Taxy Way Lanud Abdulrahman Saleh.

Pangkoopsau II menjelaskan bahwa latihan Sikatan Daya yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini sangat penting artinya bagi TNI Angkatan Udara dalam upaya mencapai tingkat kesiapan operasional yang tinggi . Selain itu, latihan ini juga dalam rangka pembinaan profesionalisme bagi para awak pesawat. Sebagai salah satu Kotama operasi TNI, Koopsau II senantiasa harus siap menghadapi tugas-tugas operasi, tingkat kemampuan dan kesiapan operasionalnya perlu terus dibina dan ditingkatkan. Demikian juga langkah-langkah evaluasi atas kemampuan dan kesiapan operasional satuan jajaran beserta unsur-unsurnya perlu terus dilakukan secara cermat.

Dalam latihan ini, setiap satuan dalam jajaran Koopsau II telah diuji tingkat kemampuan, ketrampilan, ketepatan dan kecepatan dalam melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawab masing-masing satuan. Melalui latihan antar satuan semacam ini dapat diketahui secara nyata kemampuan dan kesiapan operasional tiap satuan jajaran.

Latihan melibatkan Pelaku, Komando Latihan dari Lanud jajaran Koopsau II, sebanyak 1500 personel dari Lanud Iswahyudi Madiun, Lanud Hasanuddin Makassar dan Lanud Abd Saleh ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan.

Salah satu faktor keberhasilan dari latihan ini adalah disiplin yang tinggi serta terjalinnya koordinasi yang baik dari seluruh Pelaku dan Komando Latihan dalam melaksanakan tugasnya, tambahnya. Diharapkan kepada anggota yang terlibat agar sekembalinya ke satuan masing-masing agar lebih meningkatkan lagi kemampuannya sehingga kita selalu siap jika dibutuhkan sewaktu-waktu.

Sebelum Latihan Sikatan Daya ditutup, pagi pukul 06.30 Wib di ASR Pandanwangi Lumajang dilakukan manuver lapangan diawali pesawat Boing 737 sebagai unsure pengintai, kemudian dilakukan foto udara dan penerjunan Dalpur oleh pesawat Cassa 212, penembakan target oleh pesawat Sukhoi dan pesawat F-16, dilanjutkan penerjunan pasukan satuan tempur dari 3 pesawat C-130 Hercules, juga 1 pesawat Hercules untuk penerjunan Cargo Develery System (CDS) dan satu lagi pesawat Hercules Air Refueling yaitu pengisian bahan bakar di udara serta satu pesawat helikopter Puma untuk SAR.

Dalam Latihan tersebut semuanya dapat berjalan dengan baik, aman, lancar dan tepat sasaran. Pangkoopsau II yang didampingi Komandan Lanud Abdulrahman Saleh beserta pejabat Lanud lainnya merasa puas dengan latihan sikatan daya 2012 ini. Semoga latihan tahun berikutnya lebih dapat ditingkatkan lagi


Sumber: Lanud Abdulrachman Saleh


Recommended Posts :

0 comments:

Post a Comment - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))